JudulANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SDN 7 SINDUE TOMBUSABORA |
Nama: ARINIL MASITA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Arinil Masita, 2020. Analisis Faktor-Faktor Penghambat Guru dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV SDN 7 Sindue Tombusabora. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Huber Yaspin Tandi. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SDN 7 Sindue Tombusabora. Untuk mengaji lebih dalam mengenai faktor-faktor penghambat dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Untuk mengatasi masalah faktor-faktor penghambat dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 7 Sindue Tombusabora. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pengampu guru kelas IV. Hasil penelitian menunjukan bahwa hambatan di SDN 7 Sindue Tombusabora dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV adalah sangat rumit yang seharusnya hambatan tersebut segera ditangani untuk kemajuan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor penghambat guru dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terbagi dalam berbagai komponen pengajaran yaitu komponen tenaga kempendidakan guru, komponen peserta didik, komponen proses pembelajaran, komponen sarana dan prasarana pembelajaran dan komponen evaluasi pembelajaran. Kata Kunci: Analisis Faktor-Faktor Penghambat Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial |