Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 6 Kasiguncu
Nama: CINDI DEVITASARI
Tahun: 2020
Abstrak
Cindi Devitasari, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 6 Kasiguncu. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kontekstualpada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas V SDN 6 Kasiguncu dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Hasil belajar siklus I banyak siswa yang tuntas adalah 12 dan siswa yang tidak tuntas adalah 10 dengan persentase tuntas klasikal sebesar 54,54?n daya serap klasikal sebesar 68,27% serta nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 68,27%. Pada siklus II banyak siswa yang tuntas adalah 19 dan siswa yang tidak tuntas adalah 3 dengan persentase tuntas klasikal sebesar 86,36?n persentase daya serap klasikal sebesar 83,86% serta nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 83,86%. Hasil ini menunjukkan bahwa jika diterapkan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 6 Kasiguncu. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kontekstual, Mata Pelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up