JudulPenerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora |
Nama: MUSLIMAT |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Muslimat. (2020). Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora. Skripsi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Saharuddun Barasandji S.pd M.pd Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora melalui model make a match. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora. Subyek penelitian melibatkan 20 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes pra tindakan dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 30?n daya serap klasikal 48%, meningkat pada siklus I dengan perolehan persentase ketuntasan belajar klasikal 50?n daya serap klasikal 63%, meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 85?n daya serap klasikal 84%. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 67,5?ngan kriteria (cukup), pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 87,5?ngan kriteria (baik). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 63,75?ngan kriteria (cukup), pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 86,25?ngan kriteria (baik). Disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora. Kata kunci : Model Pembelajaran Tipe Make a match, Hasil belajar |