JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DI KELAS IVB SD INPRES 3 TONDO |
Nama: AYU NUR JANNAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak Ayu Nur Jannah, 2020, “Peningkatan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Di Kelas IV b SD Inpres 3 Tondo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Effendi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa berbicara melalui model pembelajaran Think Pair Share di Kelas IVb SD Inpres 3 Tondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IVb yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Desain Penelitian yang digunakan yakni modifikasi diagram yang dikembangkan oleh Kemmis ddan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) observasi, (2) Tes, (3) dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu rancangan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan siswa berbicara pada siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 60% serta aktivitas guru pada siklus I 75% (cukup) sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 71,15%. Pada penelitian siklus II mengalami peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85?n persentase aktivitas guru menjadi 91,30% (sangat baik) serta aktivitas siswa juga mengalami peningkatan menjadi 86,53% (baik). Dari hasil pengolahan data maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara di kelas IVb SD Inpres 3 Tondo. Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Think Pair Share, SD Inpres 3 Tondo |