Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD INPRES TONGOA
Nama: MOH SAID ABDULLAH
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI SD INPRES 1 TONGOA Oleh: Moh Said Abdullah Adapun permasalahan dalam meningkatkan motivasi belajar anak yang diberikan orang tua terhadap anak karena kurangnya perhatian orang tua terhadap anak dikarenakan sibuk dengan pekerjaan yang mayoritas sebagai buruh tani dan fasilitas yang kurang maksimal. Sehingga muncul pertanyaan bagaimana peran orang tua terhadap motivasi belajar anak di SD inpres 1 tongoa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua terhadap motivasi belajar anak di SD inpres 1 tongoa.Jenis penelitian ini adalah deskriptif lapangan, yang mengambil lokasi di SD Inres 1 Tongoa. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi bahwa peran yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yaitu orang tua sebagai kreator, orangtua sebagai inspiratory, orangtua sebagai informator, orangtua sebagai organisator,orang tua sebagai motivator, orangtua sebagai inisiator, orangtua sebagai fasilitator, dan orang tua sebagai pembimbing. Adapun bentuk motivator yang dapat diberikan oleh orang tua kepada anak adalah perhatian, hadiah, penghargaan, pujian, dan hukuman. Berdasarkan analisis data yang disimpulkan dan dipahami bahwa peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari wawancara dan observasi bahwa peran orang tua sudah direalisasikan 50% secara baik oleh orang tua siswa di SD Inpres 1 Tongoa. Kata Kunci : peran rangtua, motivasi belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up