Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Mind Mapping Siswa Kelas IV SD Inpres Bumi Sagu
Nama: REGINA NILUH CLARISZA
Tahun: 2020
Abstrak
Regina Niluh Clarisza. (2020). “Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode mind mapping Siswa Kelas IV SD Inpres Bumi Sagu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universita Tadulako, Pembimbing Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS melalui metode mind mapping Siswa Kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang, 13 siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini berupa pembentukan siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil belajar pada setiap siklusnya. Hasil peneliti pada siklus I menunjukkan persentasi Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 71,1% serta persentasi Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 54,5%, sedangkan pada siklus II diperoleh persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 84,55% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 86,36%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 13,45?ri siklus I sebesar 71,1? siklus II sebesar 84,55%. Begitu juga pada KBK terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 31,86?ri siklus I sebesar 54,5?n siklus II sebesar 86,36%.Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam menggunakan metode mind mapping. Kata Kunci : Hasil Belajar dan Metode mind mapping.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up