JudulPenerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Di Kelas V SD Inpres 1 Tanamodindi |
Nama: NUR ANGGRADITA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Nur Anggradita, 2020, Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Kelas V SD Inpres 1 Tanamodindi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Palu. Pembimbing : Yun Ratna Lagandesa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dikelas V SD Inpres 1 Tanamodindi, Bentuk Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan., (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 1 Tanamodindi yang berjumlah 28 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil yang diberikan pada siklus I dimana diperoleh daya serap klasikal 42,85?ngan presentase ketuntasan belajar klasikal 51,42?n pada siklus II diperoleh daya serap klasikal sebesar 100?ngan presentase ketuntasan belajar klasikal 82,85%. Berdasarkan indikator kinerja penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koopertif tipe Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Model pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran SBdP. |