Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Koperatif TGT Di Kelas IV SDN 18 Balaesang Pada Mata Pelajaran IPS
Nama: RAHMAWATI SAMU
Tahun: 2020
Abstrak
Rahmawati Samu, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Koperatif TGT Di Kelas IV SDN 18 Balaesang Pada Mata Pelajaran IPS. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Herlina. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Koperatif TGT DI Kelas IV SDN 18 Balaesang. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas IV SDN 18 Balaesang dengan jumlah siswa 22 orang, yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, hasil belajar siklus I ketuntasan belajar klasikal 60?n siklus II yaitu 90,90%. Persentase hasil kegiatan guru siklus I sebesar 72,72% dikategorikan cukup dan siklus II sebesar 80% dikategorikan baik. Hal ini menunjukan bahwa jika diterapkan metode pembelajaran TGT (team games tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 18 Balaesang. Kata kunci : hasil belajar siswa, metode TGT, meta pelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up