Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN 6 Banawa Selatan
Nama: RIKA SAFITRI
Tahun: 2020
Abstrak
Rika Safitri, 2016. Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 6 Banawa Selatan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Anjar Kususmadewi. Penelitian ini bertujuannya untuk mengetahui Pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 6 Banawa Selatan. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di SDN 6 Banawa Selatan. Subjek penelitian yang di ambil 21 orang siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, pengelolahan data menggnakan analisis kualitatif. Untuk menilai pemanfaatan media pembelajaran di kelas V SDN 6 Banawa Selatan dapat diukur dengan memperlihatkan indikator penguasaan materi, pendekatan/strategi pembelajaran, penggunaan sumber belajar dan media pembelajaran, pelibatan siswa, evaluasi pembelajaran, melakukan refleksi/membuat rangkuman, melakukan tindak lanjut terhadap pemahaman peserta didik. Indikator tersebut kemudian dianalisis dengan perhitungan kuantitatif sehingga diperoleh hasil jawaban dari 21 responden siswa dapat dilihat dari persentase jawaban sangat setuju sebesar 42 %, sedangkan 35 % menjawab setuju, 15 % menjawab kurang setuju dan 7 % menjawab tidak setuju. Jadi berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dari 4 alternatif jawaban yang tersedia, siswa lebih banyak memilih sangat setuju dan paling sedikit memilih tidak setuju. Hal ini berarti pemanfaatan media pembelajaran sudah sesuai dengan pemenfaatan media yang diharapkan. Kata Kunci : Pemanfaatan Media, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up