JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD INPRES BUMI SAGU |
Nama: NI LUH PUTU YENI ANDRIANI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Niluh Putu Yeni Andriani, 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD INPRES BUMI SAGU”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Arif Firmansyah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu melalui penerapan Model Numbered Head Togedher (NHT) pada mata pelajaran IPS. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa, 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 74,6% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 60%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase Daya Serap Klasikal (DSK) sebesar 83,6% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 92%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka terjadi peningkatan yang signifikan yakni pada DSK terjadi peningkatan sebesar 9?ri siklus I sebesar 74,6?n siklus II 83,6%. Begitu juga pada KBK terjadi peningkatan yang sangat signifikan, yakni sebesar 32?ri siklus I sebesar 60?n siklus II sebesar 92%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT), hasil pembelajaran IPS. |