Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar PKN Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas V SDN 9 Sindue.
Nama: WIDYA WULANSARI
Tahun: 2020
Abstrak
Whidya Wulansari (2020). Meningkatkan Hasil Belajar PKN Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas V SDN 9 Sindue. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal S.Ag,. M.Pd Penerapan model pembelajaran yang efektif menjadi salah satu factor penentu keberhasilan belajar siswa sehingga patut menjadi perhatian bagi guru di sekolah. Penelitian yang dilakukan bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 9 Sindue dalam pembelajaran PKN dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) adalah jenis penelitian yang akan digunakan dalam proses pemecahan masalah dengan menggunakan subyek penelitian sebanyak 16 orang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, daya serap Klasikal pada siklus I adalah 60,62?ngan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 43,75?n pada siklus ke II terjadi peningkatan yang signifikan Daya Serap Klasikal meningkat menjadi 73,75?ngan persentase ketuntasan belajar klasikal 75%. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 9 Sindue dalam pembelajaran PKN. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL); PKN; Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up