Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dikelas IV B SD Inpres Bumi Sagu
Nama: FATIMA AZZAHRA
Tahun: 2020
Abstrak
Fatimah Azzahra, 2020, Penerapan Model Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Di kelas IV B SD Inpres bumi sagu, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing : Rizal. Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar yang dimiliki siswa Kelas IV B SD Inpres bumi sagu pada mata pelajaran IPS. penelitian ini bertujuan untuk Membuktikan bahwa penggunaan model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Subjek penelitian berjumlah 22 orang siswa terdiri atas 13 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada tindakan siklus I di peroleh presentase daya serap klasikal siswa 65,45?ngan presentase ketuntasan belajar klasikal 72,72%. Dan pada siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal siswa 81,21% serta presentase ketuntasan belajar klasikal 90,90%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yaitu pada daya serap klasikal terjadi peningkatan 16,24%, sedangkan ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan sebesar 18,18%. Berdasarkan indikator kinerja penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV B SD Inpres bumi sagu. Kata kunci : Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up