JudulUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran PAKEM Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Sindue |
Nama: MIDIAN |
Tahun: 2020 |
Abstrak Midian, 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran PAKEM pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Sindue. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri beberapa aspek perlakuan dan pengamatan utama yaitu meningkatkan hasil belajar belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Sindue. Subjek penelitian melibatkan 23 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian, pra tindakan presentase daya serap klasikal 48,26?n ketuntasan belajar klasikal 18,51%, hasil penelitian siklus I dengan presentase daya serap klasikal 66,86?n ketuntasan belajar klasikal 78,26%. Meningkat pada tindakan siklus II dengan hasil presentase daya serap klasikal 76,52 ?n ketuntasan belajar klasikal 91,30%. Rata-rata aktivitas kegiatan guru dan siswa dalam penelitian aktivitas guru pada siklus I 68,12%, aktivitas siswa 76,25%, meningkat pada siklus II aktivitas guru 91,87?n aktivitas siswa 93,75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat didimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran PKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Sindue. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Pakem, Mata Pelajaran IPS. |