JudulPENGGUNAAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD INPRES PEDONGGA |
Nama: NI WAYAN KRISNAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Pedongga. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Model Talking Stick merupakan model pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat dengan penggunaan tongkat sebagai media untuk merangsang siswa bertindak cepat dan tepat sekaligus untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Pedongga dengan jumlah siswa 17 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, pemberian tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Deskriptif Presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan aktivitas kegiatan guru pada pelaksanaan siklus I pertemuan pertama 58,3?n pertemuan kedua 83,3%. Aktivitas siswa dalam menerima pembelajaran pada pertemuan pertama 62,5?n pertemuan kedua 75%. Sedangkan aktivitas guru pada pelaksanaan siklus II pertemuan pertama 87,5?n pertemuan kedua 96%. Aktivitas siswa dalam menerima pembelajaran pada pertemuan pertama 83,3?n pertemuan kedua 96%. Hasil belajar pada tahap Pra tindakan yang tuntas hanya 3 orang yang menunjukkan bahwa Daya Serap Individu hanya 44?ngan presentase Ketuntasan Belajar secara Klasikal sadalah 18%. Sedangkan hasil belajar pada pelaksanaan tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa Daya Serap Individu adalah 62, 17?ngan presentase Ketuntasan Belajar secara Klasikal 53% termasuk dalam kategori cukup. Dan mengalami peningkatan pada tindakan siklus II dengan Daya Serap Individu meningkat menjadi 75,4%?ngan persentase Ketuntasan Belajar Klasikal 88,23%. Berdasarkan hasil tersebut maka kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar IPS pada materi Ekosistem dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas V SD Inpres Pedongga. Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick; Pembelajaran IPS; Hasil Belajar |