Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Resource Based Learning (RBL) Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas IV SDIT Bina Bangsa
Nama: NITA RISKYANTI
Tahun: 2020
Abstrak
Nita Riskyanti, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Resource Based Learning (RBL) pada Pembelajaran PKn di SDIT Bina Anak Bangsa. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Arif Firmansyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode Resource Based Learning (RBL) pada pembelajaran PKn. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas IV SDIT Bina Anak Bangsa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 16 perempan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu, 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Pada siklus I terdapat 14 siswa yang tuntas dan 9 siswa yang belum tuntas dengan presentase ketuntasan klasikal 60,86?n daya serap klasikal sebesar 72,60% serta nilai rata-rata dari tes kognitif yang diberikan sebesar 72,60%. Pada siklus II terdapat 19 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan klasikal 82,60?n daya serap klasikal sebesar 80,45% serta nilai rata-rata dari tes kognitif yang diberikan adalah 80,45%. Hasil ini menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDIT Bina Anak Bangsa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Resource Baed Learning (RBL)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up