JudulFAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PROSES PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BUMI SAGU |
Nama: FITRIANI LABATJO |
Tahun: 2020 |
Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran secara jelas mengenai faktor-faktor yang menjadi penghambat hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Inpres Bumi Sagu dan solusi atau upaya-upaya yang dilakukan guru untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu Kelurahan Besusu Tengah dengan jumlah total 24 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa faktor- faktor yang menjadi penghambat proses pembelajaran IPS berbasis online saat pandemic COVID-19 berasal dari faktor internal dan faktor eksternal yang berupa guru, sikap guru, metode guru, media pembelajaran, fasilitas, faktor keluarga dan berasal dari faktor lingkungan masyarakat. Faktor penghambat lain dalam proses belajar siswa adalah adanya gangguan dari teman. Kemudian Suasana kelas online yang kurang atau tidak kondusif dan membosankan membuat siswa jenuh menerima pelajaran secara online serta ketidaktahuan dalam menggunakan aplikasi class online/virtual class (google meet, Zoom, Cisco Webex) sehingga membuat siswa malas menerima pelajaran sehingga keinginan untuk belajar siswa menjadi menurun. |