Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP DI KELAS IV SDN 3 BANAWA SELATAN
Nama: DARWIN
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Darwin 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar SBdp di kelas IV SDN 3 Banawa Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh dengan pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdp di kelas IV SDN 3 Banawa Selatan sehingga tujuan peneliti ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar SBdp. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan peneliti menunjukan bahwa ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar SBdp di kelas IV SDN 3 Banawa Selatan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh nilai t hitung sebesar 1.729 dan dikonsultasikan pada tabel distribusi t dengan ? 5% atau 0,05 dan n = 20, maka db n – 1 atau 20 – 1 = 19 sehingga yang mengartikan ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar SBdp di kelas IV SDN 3 Banawa selatan. Hasil pre-test dan post-test menunjukan terjadi perubahan yang signifikan yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM 75 pada mata pelajaran SBdp karena, dari hasil pre-test siswa yang mencapai nilai ketuntasan hanya 6 orang siswa atau 30?n yang memperoleh nilai tidak tuntas sebanyak 14 orang siswa atau 70%. Sedangkan apabila melihat dari hasil post-test banyak siswa yang mencapai nilai ketuntasan yaitu 16 orang siswa atau 80%, sedangkan yang memperoleh nilai tidak tuntas yaitu 4 orang siswa atau 20% siswa. Kata Kunci : Pengaruh, Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up