JudulPengaruh Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Inpres Gunung Sari |
Nama: NI LUH SRI RAHAYU |
Tahun: 2020 |
Abstrak Ni Luh Sri Rahayu. (2020). “ Pengaruh Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Inpres Gunung Sari “. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SD Inpres Gunung Sari. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 21 orang siswa, 11 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki – laki. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial dan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran sebelum menggunakan multimedia (tes awal) pada mata pelajaran IPS diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 68,09 dan pembelajaran setelah menggunakan multimedia (tes akhir) pada mata pelajaran IPS dengan rata-rata hasil belajar sebesar 90,47 dengan selisih rata-rata tes awal dan tes akhir adalah 22,38%. Analisis t-hitung diperoleh 6,669 dan dikonsultasikan pada taraf signifikan(t-s) 5% (0,05), dan d.b (N-1) = 21-1 = 20 maka t-tabel = 2,086 dari hasil analisis data tersebut bahwa t-hitung > dari t-tabel atau 6,669 > 2,086. Karena diketahui t-hitung > dari t-tabel ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak, atau hipotesis alternatif (Ha) diterima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh multimedia terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Inpres Gunung Sari. Kata Kunci : Multimedia, Hasil Belajar, IPS |