Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar SBDP Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sindue Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation
Nama: SEPTIANI SUNDAPI
Tahun: 2020
Abstrak
Septiani Sundapi, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar SBDP pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sindue melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Yun Ratna Lagandesa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBDP. Jenis penelitian ini adala penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Sindue tahun pelajaran 2019/2020 yaitu berjumlah 27 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu kuantitaif dan kualitatif. Data kuantitatif yang berupa hasil tes kognitif sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi terhadap aktivitas belajar guru dan aktivitas belajar siswa dianalisis. Hasil tes dari siklus I diperoleh daya serap klasikal sebesar 55,9?ngan hasil ketuntasan belajar klasikal mencapai 59,2?n dengan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu daya serap klasikal sebesar 77,9?ngan ketuntasan belajar klasikal mencapai 92,5?n dengan jumlah siswa yang tidak tuntas menjadi 2 orang siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 2 Sindue kelas IV pada mata pelajaran SBDP. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Investigat Mata Pelajaran SBDP.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up