JudulPenerapan Model Pembelajaran Tipe Novick Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Terhadap Hasil Belajar SiswaKelas V SD Inpres Bumi Sagu |
Nama: WILDAYANTI RAHMAT |
Tahun: 2021 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Model pembelajaran koopratif tipe Novick yang dikaji dalam penelitian ini terdiri dari tiga fase, yaitu: (1) Exposing alternative frameworks (mengungkap konsepsi awal siswa), (2) Creating conceptual conflict (menciptakan konflik konseptual), (3) Encouraging cognitive accommodation (mengupayakan terjadinya akomodasi kognitif). Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tes awal diperoleh KBK sebesar 40%. Pada siklus I dan siklus II diperoleh KBK sebesar 80?n 86,66%. Hasil observasi kegiatan guru siklus I dan siklus II sebesar 82?n 85%. Hasil observasi siswa siklus I dan Siklus II 82?n 86%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Novick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok di SD Inpres Bumi sagu. |