JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL CIRCUIT LEARNING DI KELAS IV SD INPRES PEDONGGA |
Nama: NI NYOMAN PURWANTINI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Ni Nyoman Purwantini 2020, Meingkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Circuit Learning Di Kelas IV SD Inpres Pedongga. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Pedongga. Subjek penelitian ini berjumlah 14 orang yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Objek penelitian adalah hasil belajar IPS menggunakan model Circuit Learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Peningkatan hasil belajar dilihat dari hasil tindakan siklus I yang dibandingkan dengan hasil tindakan siklus II, yang meliputi Daya Serap Klasikal mencapai 59,64% pada siklus I menjadi 72% pada siklus II, dengan Ketuntasan Belajar Klasikal mencapai 57,14% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 92,85%. Sementara hasil rata-rata observasi aktivitas guru pada tindakan siklus I mencapai 75 dan pada tindakan siklus II mencapai 94,79. Hasil rata-rata observasi aktivitas siswa pada tindakan siklus I mencapai 68,75% yang kemudian meningkat pada tindakan siklus II menjadi 79,16%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Circuit Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Pedongga. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Model Circuit Learning, IPS. |