JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 9 SINDUE |
Nama: DESI ARMIA BR.GINTING |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Desi Armia Br Ginting (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 9 Sindue. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penerapan model pembelajaran yang efektif menjadi salah satu factor penentu keberhasilan belajar siswa sehingga patut menjadi perhatian bagi guru di sekolah. Penelitian yang dilakukan bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 9 Sindue dalam pembelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) adalah jenis penelitian yang akan digunakan dalam proses pemecahan masalah dengan menggunakan subyek penelitian sebanyak 21 orang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, daya serap individu pada siklus I adalah 61,42?ngan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 52,38?n pada siklus ke II terjadi peningkatan yang signifikan Daya Serap Individu meningkat menjadi 87,26?ngan persentase ketuntasan belajar klasikal 95,23%. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas IV SDN 9 Sindue dalam pembelajaran IPS. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT); IPS;Hasil Belajar ? |