JudulHUBUNGAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD INPRES 1 TONGOA |
Nama: I MADE WINARTA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK I Made Winarta, (2021). Hubungan Kinerja Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 1 Tongoa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag.,M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kinerja guru terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Tongoa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kinerja guru dengan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Tongoa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan angket. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 28 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian yaitu menggunakan angket dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang kinerja guru dengan hasil belajar siswa. Analisis data penelitian dengan teknik presentase, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil deskripsi dimana dari 28 siswa yang menjadi responden, diperoleh 9 siswa atau 32,1% yang menyatakan kinerja guru kelas V SD Inpres 1 Tongoa baik sekali, 19 siswa atau 67,9% yang menyatakan kinerja guru kelas V SD Inpres 1 Tongoa baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa SD Inpres 1 Tongoa dilihat dari hasil belajar dimna dari 28 siswa yang menjadi responden, diperoleh 15 siswa atau 53,6% yang masuk dalam kategori hasil belajar tinngi. Dan 13 siswa atau 46,4% yang masuk dalam kategori hasil belajar tinggi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rhitung > rtabel yaitu 0,859 > 0,374. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar siswa di SD Inpres 1 Tongoa. Kata Kunci : Kinerja Guru, Hasil Belajar. |