Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI KELAS IV SD INPRES KASOLOANG
Nama: FIRDA
Tahun: 2020
Abstrak
Firda, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas IV SD Inpres Kasoloang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing, Arif Firmansyah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Kasoloang yang berjumlah 19 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Kasoloang. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar, upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 47,36%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase Ketuntasan Belajar Klasikan (KBK) sebesar 100%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I ke siklus II, maka terlihat peningkatan pada KBK yaitu sebesar 53?ri siklus I sebesar 47,36?n siklus II sebesar 100%. Bersasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Kasoloang pada pembelajaran IPS. Kata Kunci : Pendekatan Konstruktivisme; Hasil Belajar; Pembelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up