Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 2 SINDUE
Nama: SITI HARTINA
Tahun: 2020
Abstrak
Siti Hartina. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Bilangan Pecahan Di Kelas V SD Negeri 2 Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Akina. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif type NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan bilangan pecahan di SD Negeri 2 Sindue. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang dicatat dalam catatan lapangan secara deskripsi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes awal, terdapat 12 siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran. Sehingga diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 52, 17%. Setelah pelaksanaan siklus I, 15 siswa telah mencapai ketuntasan minimal dengan perolehan ketuntasan klasikal mencapai 65,22%. Selanjutnya, peneliti melakukan tindakan pada siklus II dengan hasil akhir 18 siswa telah mencapai ketuntasan minimal dengan perolehan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 78,26%. Perolehan nilai rata-rata dari hasil observasi aktivitas siswa pada pelaksanaan siklus I sebesar 73,9 (kategori cukup). Kemudian, pada tindakan penelitian siklus II perolehan nilai rata-rata aktivitas siswa mencapai 86,1 (kategori baik). Selanjutnya, perolehan nilai rata-rata observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 79,1 (kategori baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan nilai rata-rata mencapai 93 (kategori baik). Merujuk pada perolehan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan bilangan pecahan di kelas V SD Negeri 2 Sindue dengan peningkatan yang tidak signifikan. Kata Kunci Model kooperatif, kooperatif tipe NHT, Hasil belajar, penjumlahan bilangan pecahan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up