JudulHubungan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 9 Palu |
Nama: MILA TAMRIN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Mila Tamrin, (2021). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 9 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing: Rizal. Penelitian hubungan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN 9 Palu. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya keterampilan mengajar guru di kelas IV SDN 9 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN 9 Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikasi 5%. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil deskripsi telah diperoleh 20% siswa yang menyatakan bahwa keterampilan mengajar guru di kelas IV tergolong sangat tinggi, dan 80% siswa yang menyatakan tinggi. Sedangkan untuk prestasi belajar PKn siswa di kelas IV terdapat 20% siswa yang mendapat nilai PKn kategori baik sekali, dan 80% siswa mendapat nilai kategori baik. Hasil perhitungan yang diperoleh menggunakan teknik korelasi product moment adalah rhitung 0,449% yang menunjukan hubungan kedua variabel bersifat positif, kemudian dibandingkan dengan rtabel jumlah responden N=20 siswa dan taraf signifikan 5% yaitu 0,444%, terbukti bahwa hasil rhitung lebih besar dari rtabel atau (0,449?0,444). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat ada hubungan yang positif antara keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN 9 Palu. Kata kunci : Keterampilan Mengajar Guru, Prestasi Belajar Siswa. |