Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURU TERHADAP KEDISPLINAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA DI SDI IQRO BINA POTENSI PETOBO
Nama: FANDI
Tahun: 2021
Abstrak
Fandi, 2020 Peran Guru Terhadap Kedisplinan Membaca Pada Siswa di SDI Iqro Bina Potensi Petobo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru terhadap kedisplinan membaca pada mata pelajaran IPS siswa di SDI Iqro Bina Potensi Petobo. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru terhadap kedisplinan membaca pada mata pelajaran IPS di SDI Iqro Bina Potensi Petobo. Jenis penelitian adalah yang dilakukan yaitu kualitatif dengan populasi penelitian seluruh siswa SDI Iqro Bina Potensi Petobo yang terdiri dari 90 siswa. Sampel penilitian ini adalah siswa kelas III SDI Iqro Bina Potensi Petobo yang terdiri dari 15 siswa diantara 9 laki-laki dan 6 Perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dokumentasi serta analisis data untuk mendeskripsikan digunakan teknik, “Analisis Deskriptif” dengan rumus: P = f/n x100%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dari 15 siswa yang menjadi responden terdapat 100% siswa yang menyatakan peran guru cukup. Sedangkan hasil analisis angket kedisplinan membaca menunjukan 93,4% siswa kedisplinan membaca Tinggi dan 6,6% siswa yang menyatakan kedisplinan membaca cukup. Peran guru sangat mempengaruhi kedisplinan membaca siswa pada mata pelajaran IPS. Peranan guru yang baik, dapat meningkatkan kedisplinan membaca siswa yang tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru sangatlah berperan didalam meningkatklan kedisplinan membaca pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci : Peran Guru, Kedisiplinan Membaca Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up