JudulHUBUNGAN ANTARA KETERSEDIAAN MEDIA DAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI COVID 19 DI SDN BANCEA KECAMATAN PAMONA SELATAN KABUPATEN POSO |
Nama: IYAM OKSIANI BANGE |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Iyam Oksiani Bange, 2021. Hubungan antara Ketersediaan Media dengan Proses Belajar Mengajar Masa Pandemi Covid 19 SDN Bancea, Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso. Skripsi, Program Studi Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketersediaan media IPA dengan proses belajar mengajar di masa pandemi COVID-19 pada siswa kelas IV SDN Bancea Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bancea Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso Sulawesi Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sampel yang digunakan berjumlah 12 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase, untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian yang dinyatakan persentasi proses belajar mengajar menggunakan media, sebesar 34% termasuk kategori baik sekali, 66% termasuk kategori baik. Pengujian hipotesis menujukan bahwa r hitung = 0, 792 ? r table = 0,576 artinya ketersediaan media mempengaruhi proses belajar mengajar masa pandemi COVID-19 siswa kelas IV SDN Bancea. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara ketersediaan media pembelajaran IPA dengan proses belajar mengajar di masa pandemi COVID-19 siswa kelas IV SDN Bancea Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso. Kata Kunci: Media, Belajar, Mengajar, Pandemi COVID-19 |