Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN INPRES BARU PADA MATERI PECAHAN SENILAI
Nama: KIKI RISKIA
Tahun: 2021
Abstrak
Kiki Riskia. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Inpres Baru Pada Materi Pecahan Senilai. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hj. Akina. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan senilai melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN Inpres Baru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Inpres Baru yang berjumlah 20 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Pada pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 57,89%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar kalsikal sebesar 73,68%, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I skor perolehan 88 dengan kategori baik. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus II skor perolehan 94 dengan kategori baik. Sementara hasil kegiatan observasi siswa pada siklus I skor perolehan 76 dengan kategori baik. Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus II skor perolehan 94 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement division STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Inpres Baru pada materi pecahan senilai.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up