Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS IV SDN 7 RIO PAKAVA
Nama: INAYATUL MARHAMAH
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Inayatul Marhamah, 2020. “Penerapan Model Model Pemelajaran Contextual Teaching and Learningi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Persegi dan Persegi panjang Di Kelas IV SDN 7 Rio Pakava”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hj. Akina. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas persegi dan persegi panjang di kelas IV SDN 7 Rio Pakava tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model yang digunakan adalah model Kemmis & Mc. Tagaart terdapat empat komponen yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar tes hasil belajar. Sujek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 7 Rio Pakava. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I seberas 75% meningkat pada siklus II ketuntasan belajar klasikal menjadi 100%. Hasil observasi siklus I menunjukan bahwa aktivitas guru digolongkan pada kriteria baik dan aktivitas guru pada siklus II meningkat digolongkan pada kriteria sangat baik dan Hasil observasi siswa siklus I menunjukan kriteria baik dengan dan aktivitas siswa pada siklus II meningkat digolongkan pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas persegi dan persegi panjang di kelas IV SDN 7 Rio Pakava. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Luas Persegi dan Persegi panjang

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up