JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN DENGAN MEDIA KOMIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 2 TAMBARANA |
Nama: CHINTIYA RIYANTIKA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Chintiya Riyantika, 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match berbantuan dengan Media Komik Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tambarana”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Tujuan penelitian ini yaitu penerapan model Make A Match berbantuan dengan Media Komik Interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Tambarana. Bentuk penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Tambarana yang berjumlah 24 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 54,16%. Sedangkan pada hasil belajar siklus II diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 79,16%. Untuk hasil observasi pada siklus I, aktivitas siswa berada pada kategori “kurang” (44,23%) dan aktivitas guru berada pada kategori “baik” (59,61%). Sedangkan hasil observasi pada siklus II, aktivitas siswa berada pada kategori “baik” (67,30%) dan aktivitas guru berada pada kategori “sangat baik” (73,07%). Berdasarkan indikator keberhasilan, maka dapat disimpulkan bahwa yaitu penerapan model Make A Match berbantuan dengan Media Komik Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Tambarana. Kata Kunci :Model Make A Match, media Komik Interaktif, Hasil Belajar IPS |