Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Posona Kecamatan Kasimbar
Nama: ASRAFIL
Tahun: 2020
Abstrak
Asrafil, 2020: Hubuyngan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kelas IV di SDN 2 Posona kecamatan Kasimbar. Sikripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Uniersitas Tadulako. Pembimbing, Anjar Kusuma Dewi. Gaya belajar adalah salah satu cara bagaimana menyerap, mengatur mengelola informasi. Sehingga dengan mengetahui adanya gaya belajar pada diri siswa, maka dapat membantu dirinya sendiri dalam belajar lebih cepat dan mudah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Posona. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 2 Posona Kecamatan Kasimbar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN 2 Posona Kecamatan Kasimbar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi product moment. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 siswa. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik,wawancara, pengumpulan data berupa angket, hasil belajar dan dokumentasi. Jenis. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data tentang gaya belajar, raport nilai hasil belajar siswa dan wawancara. Analisis data penelitian dengan teknik persentase, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil deskripsi diperoleh 3,85% gaya belajar visual, 30,77% gaya belajar auditorial, 65,38% gaya belajar kinesthetic. Sedangkan untuk hasil belajar siswa memiliki hasil yaitu 30,77% yang memiliki kategori baik sekali, dan 69,32% yang memiliki kategori baik. Data diolah dan di analisis menggunakan rumus korelasi pada taraf signifikan 5?n n=26. Penguji hipotesis menunjukan bahwa data diperoleh r hitung =0,495 > r table = 0,388. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian data disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan sigifikan antata gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Posona Kecamatan Kasimbar. Kata Kunci : Siswa, Gaya Belajar, dan Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up