Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model CTL Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SD Inpres 8 Mamboro
Nama: NI LUH SETIA DEWI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Ni Luh Setia Dewi, 2020. ‘’Penerapan Model CTL (Contekstual Teaching and Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas V di SD Inpres 8 Mamboro”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Dr. Rahman, S.Pd.,M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah benar penerapan penerapan model pembelajaran CTL (Contekstual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajarn IPA kelas V di SD Inpres Mamboro?. Tujian penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Inpres 8 Mamboro dengan menerapkan Model pembelajaran CTL (Contekstual Teaching and Learning). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 8 Mamboro yang berjumlah 17 orang siswa. Hasil observasi aktivitas guru siklus I pertemuan 1 yaitu 59?lam kategori cukup dan pertemuan 2 yaitu 71?lam kategori baik. Observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 yaitu 57?lam kategori cukup dan pertemuan 2 yaitu 71?lam kategori baik. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 10 orang dengan ketuntasan klasikal 59?lam kategori cukup. Hasil observasi aktivitas guru mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 yaitu 78?lam kategori baik dan pertemuan 2 yaitu 79?lam kategori baik. Observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan siklus II pertemuan 1 yaitu 72?lam kategori baik dan pertemuan 2 yaitu 75?lam kategori baik. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran meningkat pada siklus II menjadi sebanyak 15 orang dengan ketuntasan klasikal 88?lam kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas guru mengalami peningkatan pada siklus III pertemuan 1 yaitu 82?lam kategori sangat baik dan pertemuan 2 yaitu 88?lam kategori sangat baik. Observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus III pertemuan 1 yaitu 81?lam kategori sangat baik dan pertemuan 2 yaitu 87?lam kategori sangat baik. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran siklus III meningkat menjadi sebanyak 16 orang dengan ketuntasan klasikal 94?lam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contekstual Teaching And Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Inpres 8 Mamboro, serta meningkatkan aktivitas yang lebih baik pada siswa. Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran CTL (Contekstual Teaching and Learning), Pembelajarn IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up