Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DI KELAS IV SD INPRES BALIASE
Nama: NUR TRI CAHYANI
Tahun: 2020
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Baliase melalui model pembelajaran inquiri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas IV SD Inpres Baliase. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes pra tindakan menunjukkan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 10 dari 25 orang siswa hanya 2 orang siswa yang dinyatakan tuntas secara individu dan yang tidak tuntas sebanyak 23 orang dengan presentase daya serap individu 34?n presentase ketuntasan belajar klasikal 8%. Pada siklus I hasil analisis tes belajar menunjukkan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 20 dari 25 orang siswa hanya 15 orang siswa yang dinyatakan tuntas secara individu dan yang tidak tuntas sebanyak 10 orang dengan presentase daya serap individu 55,6?n presentase ketuntasan belajar klasikal 60%. Pada siklus II hasil analisis tes belajar menunjukkan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 20 dari 25 orang siswa mengalami peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 21 orang siswa tuntas secara individu dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang dengan presentase daya serap individu 71,6?n presentase ketuntasan belajar klasikal 84%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model inquiri dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Inpres Baliase. Kata kunci: Model Pembelajaran Inquiri, Hasil Balajar, IPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up