JudulPeran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Ips Kelas III SDI Iqra Bina Potensi Petobo |
Nama: FITRIANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Orang Tua dalam mendampingi anak di masa Pandemi Covid-19 di SDI Iqra Bina Potensi Petobo, serta untuk mengetahui kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di Sdi Iqra Bina Potensi Petobo tahun pelajaran 2020/2021. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas III yang berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi,angket.hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendampingi anak di masa Pandemi Covid-19 di SDI Iqra Bina Potensi Petobo yaitu orang tua melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru dirumah; menyediakan sarana dan prasarana kepada anak; memberikan semangat; motivasi; mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di Sdi Iqra Bina Potensi Petobo yaitu latar belakang pendidikan orang tua mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang dalam mendidik anak; tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses pembelajaran secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak, kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan, jumlah anggota keluarga juga mempengaruhi orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam belajar di rumah di masa pandemi Covid-19. Kata kunci: Peran orang tua, mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. |