Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASI BEAJAR SISWA PADA MATA PEAJARAN PKn MEIAIUI MODEI PEMBEAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUAIZATION DI KEAS V SD INPRES I SIGENTI
Nama: FATMAWATI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Fatmawati (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Di Kelas V SD Inpres 1 Sigenti. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Inpres 1 Sigenti melalui model pembelajaran team assisted individualization. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas V SD Inpres 1 Sigenti. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan hasil tes pra tindakan menunjukan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 35 dari 25 orang siswa hanya 15 orang siswa yang dinyatakan tuntas secara individu dan yang tidak tuntas sebanyak 10 orang siswa dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 60%. Pada siklus I hasil analisis tes belajar menunjukan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40 dari 25 orang siswa hanya 17 orang siswa yang dinyatakan tuntas secara individu dan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang siswa dengan persentasi daya serap individu 74,8?n persentase ketuntasan belajar klasikal 68%. Pada siklus II hasil analisis tes belajar menunjukan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65 dari 25 orang siswa mengalami peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 21 orang siswa yang tuntas secara individu dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang dengan persentase daya serap individu 78,4?n persentase ketuntasan belajar klasikal 84%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas V di SD Inpres 1 Sigenti. Kata Kunci : Model Pembelajaran Team Assisted Individualization, Hasil Belajar, PKn.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up