Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES 3 TALISE
Nama: MARNIYASTITI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Marniyastiti, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres 3 Talise, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Huber Yaspin Tandi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V SD Inpres 3 Talise dengan penerapan model Course Review Horay. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang dilaksanakan di kelas V SD Inpres 3 Talise. Rancangan penelitian mengacu pada model yang dikembangkan Kemmis dan MC. Taggart, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres 3 Talise dengan jumlah 29 siswa, yaitu terdiri dari 13 orang siswa laki laki dan 16 orang siswa perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan hasil tes pratindakan dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40 dari 29 orang siswa hanya 16 orang siswa dinyatakan tuntas secara individu dan yang tidak tuntas sebanyak 13 orang siswa dengan nilai rata – rata 69,31 dengan presentase ketuntasan klasikal 55,17%. Pada siklus I hasil analisis tes belajar menunjukan nilai teringgi 100 dan nilai terendah 50 dari 29 siswa hanya 20 siswa dinyatakan tuntas secara individu dan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa dengan nilai rata – rata 74,48?ngan presentase ketuntasan klasikal 68,96%. Pada siklus II hasil analisis tes belajar menunjukan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60 dari 29 siswa mengalami peningkatan sebanyak 26 siswa tuntas secara individu dan tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa dengan nilai rata – rata 86,20 dengan presentase ketuntasan klasikal 89,65%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 3 Talise Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Course Review Horay

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up