Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Biro
Nama: GITA KHAIRUNNISA
Tahun: 2020
Abstrak
Gita Khairunnisa (2020), Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SDN Biro. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Berdasarkan kajian dilapangan, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN Biro. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas V B SDN Biro dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas beberapa tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil apabila memenuhi indikator batasan nilai hasil belajar klasikal minimal 75 persen. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil melalui pemberian tes. Berupa, pilihan ganda sebanyak 10 nomor. Hasil penelitian siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal 68,18?ngan persentase aktivitas siwa 69,31% sedangkan persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 78?n telah memenuhi kriteria cukup. Pada penelitian siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai persentase sebesar 85%, dan persentase aktivitas guru sebesar 95,45% sedangkan persentase aktivitas siswa sebesar 88,63%. Berdasarkan hasil siklus II maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran dengan model Student Facillitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Biro tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Facillitator and Explaining dalam hasil belajar IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up