JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS Va SD INPRES BALIASE KECAMATAN MARAWOLA |
Nama: NOVI M MANNASSAI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Novi M Mannassai (2020) “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa DenganMenggunakan Model pembelajaran Make a Match Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas Va SD Inpres Baliase Kecamatan Marawola “. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Kurangnya pemahaman siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Make a Match ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Di Kelas Va SD Inpres Baliase Kecamatan Marawola. Subyek Penelitian ini adalah Siswa Kelas Va SD Inpres Baliase Kecamatan Marawola dengan Jumlah Siswa 20 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, pada setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada pra tindakan diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) sebesar 10?n pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) sebesar 50%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) sebesar 85%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan pada KBK yaitu sebesar 35%, dari siklus I sebesar 50?n siklus II sebesar 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas Va SD Inpres Baliase pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci : Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS. |