JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn MEALALUI MODEL ROLE PLAYING DI KELAS IV SD INPRES 1 MANINILI |
Nama: NURHAYATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Nurhayati. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Model Role Playing diKelas IV SD Inpres 1 Maninili. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing, Arif Firmansyah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn diKelas IV SD Inpres 1 Maninili. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 1 Maninili dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa diambil dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa pada tes awal siswa yang tuntas 4 orang dengan persentase ketuntasan klasikal 26,66?n daya serap klasikal 55% pada siklus I siswa yang tuntas 6 orang dengan persentase ketuntasan klasikal 40?n daya serap klasikal 61,66%. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 84,72?n hasil observasi aktivitas gurun87,5%. Pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 15 orang siswa dengan persentase tuntas klasikal 100?n daya serap klasikal 84,66% . Hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 95,83?n hasil obsrvasi aktivitas guru meningkat menjadi 95,31%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telaj memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap 80?n ketuntasan klasikal 70%. Berdasarkan daya serap kalsikal dan ketuntasan belajar kalsikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV di SD Inpres 1 Maninili. Kata Kunci: Hasil Belajar, staregi Pembelajaran Role Playing |