Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FPB DAN KPK DI KELAS IV SDN 7 RIO PAKAVA
Nama: SITI HALIMAH T. DASING
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Siti Halimah T. Dasing, 2020. Penerapan Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meninkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FPB Dan KPK Di Kelas IV SDN 7 Rio Pakava. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Hj. Akina. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN 7 Rio Pakava. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 8 orang. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa, persentase ketuntasan belajar klasikal diperoleh sebesar 62,5%, aktivitas guru dengan kategori baik, dan aktivitas siswa dengan kategori cukup baik. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu; persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,5%, aktivitas guru dengan kategori baik, dan aktivitas siswa dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman materi FPB dan KPK siswa di kelas IV SDN 7 Rio Pakava tahun ajaran 2020/2021. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, FPB dan KPK.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up