Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 11 DAMPELAS
Nama: NI KADEK VIAN SUSANI PUTRI
Tahun: 2020
Abstrak
Ni Kadek Vian Susani Putri, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Media Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 11 Dampelas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Abdul Rahman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Media Video pada siswa kelas V SDN 11 Dampelas tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan model Kemmis dan Mc. Tagaart empat komponen yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 11 Dampelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Hasil observasi siklus I menunjukan bahwa aktivitas guru digolongkan pada kategori cukup dengan persentase 58,75%, aktivitas siswa digolongkan pada kategori kurang 54,54?n siswa yang mengalami ketuntasan menjadi 8 siswa dengan ketuntasan klasikal 25%. Hasil observasi siklus II menunjukan bahwa aktivitas guru digolongkan pada kategori baik 76,25%, aktivitas siswa digolongkan pada kategori cukup 65,90%, dan siswa yang mengalami ketuntasan menjadi 22 siswa dengan ketuntasan klasikal 68,75%. Hasil observasi siklus III menunjukan bahwa aktivitas guru digolongkan pada kategori baik 86,25%, aktivitas siswa digolongkan padaka tegori baik 81,81%, dan siswa yang mengalami ketuntasan menjadi 27 siswa dengan ketuntasan klasikal 84,37%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran CTL dan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 11 Dampelas. Kata Kunci : HasilBelajar IPA, Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Media Video

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up