Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS) – HEURISTIK PADA SISWA KELAS IV SD INTI SINIU
Nama: NURSILVA. M
Tahun: 2020
Abstrak
Nursilva M., 2020. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) – Heuristik Pada Siswa Kelas IV SD Inti Siniu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ratman,S.Pd,. M.Si. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) - Heuristik dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SD Inti Siniu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini mengikuti alur penelitian Model Kemmis dan Mac. Taggart terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian, siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa pada tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa siklus 1 persentase ketuntasan belajar klasikal 76%, hasil observasi keterampilan guru 76,6, hasil observasi aktivitas siswa 74%. Pada siklus 2 diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 84%, hasil observasi keterampilan guru 87,3, hasil observasi aktivitas siswa 84,65%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengunaan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) – Heuristik dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inti Siniu. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran LAPS – Heuristik

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up