Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenggunaan Metode Debat Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 2 Palu
Nama: SAFITRI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Safitri, 2020. “Penggunaan Metode Debat Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 2 PALU ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Herlina. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pola kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 2 PALU yang berjumlah 45 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes wawancara untuk menilai hasil pembelajaran keterampilan berbicara dan observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran tematik k13 menggunakan metode debat aktif. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penggunaan metode debat aktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 PALU. Pada pelaksanaan tindakan siklus I, sebagian besar siswa masih ragu-ragu saat berbicara di hadapan guru dan siswa lain. Penggunaan tekanan, ucapan, dan pemilihan kata sudah cukup baik. Namun, penguasaan topik dan struktur perlu ditingkatkan lagi. Pada pelaksanaan tindakan siklus II, unsur keberanian, kelancaran, penggunaan tekanan dan ucapan, serta pemilihan kata dikuasai dengan baik oleh siswa. Siswa pun bisa memahami topik pembicaraan dengan baik. Penggunaan struktur kalimat perlu ditingkatkan lagi dengan memberikan latihan berbicara secara intensif pada siswa. Peningkatan proses pembelajaran keterampilan berbicara berdampak pada peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara. Peningkatan pada siklus I Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 42,22% meningkat menjadi 71,62% pada siklus I. Kekurangan- kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan tindakan siklus I direvisi agar tujuan pembelajaran pada siklus II tercapai. Nilai rata-rata keterampilan berbicara pada siklus II pun mencapai KKM yaitu 82,02% sehingga penelitian penggunaan metode debat aktif pada siswa kelas V SDN 2 PALU telah berhasil. Kata kunci: Metode Debat Aktif, Keterampilan Berbicara.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up