JudulPenerapan Model Pembelajaran ABC Games Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SDN Biro |
Nama: AGNES WANDA SARI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Agnes Wanda Sari, 2019. “Penerapan Model Pembelajaran ABC Games untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN Biro”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ratman. Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran ABC Games pada siswa kelas V SDN Biro. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini diadaptasi dari Arikunto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Biro dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 nomor. Hasil yang diperoleh pada siklus 1 adalah persentase ketuntasan belajar klasikal 75%, persentase keterampilan guru 75,83%, dan persentase aktivitas siswa 73,33%. Pada siklus 2 diperoleh ketuntasan belajar klasikal 85,71%, persentase keterampilan guru 85,83, dan persentase aktivitas siswa 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ABC Games dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN Biro. Kata kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA, Model Pembelajaran ABC Games |