JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS IV SD INPRES 2 KOTARAYA |
Nama: WIDIYANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Widiyanti 2020, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe NHT di Kelas IV SD Inpres 2 Kotaraya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Akina. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran pada siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kotaraya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 2 Kotaraya, tahun ajaran 2020/2021 dan subjek penelitian siswa kelas IV SD Inpres 2 Kotaraya dengan jumlah siswa 15 orang. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes awal dan tes akhir tiap siklus, kemampuan guru dalam penguasaan kelas diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Skor perolehan (SP) pada lembar observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 58, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 5 menjadi 63 kemudian Skor Perolehan (SP) pada lembar observasi aktivitas siswa pada I adalah 48 kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 59. Ketuntasan belajar klasikal (KBK) pada siklus I adalah 73,3?ngan kategori baik, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sehingga menjadi 86,6% termasuk dalam kategori baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SD Inpres 2 Kotaraya. |