Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 3 KOTARAYA
Nama: FRANSISKA YUVINNINGTIAS
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Fransiska Yuvinningtias, 2021.” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Kotaraya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini yaitu Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Kotaraya. Bentuk penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 3 Kotaraya yang berjumlah 20 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 64,25% serta persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) sebesar 55%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal (DSK) sebesar 78% serta persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar bidang studi PKn dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Inpres 3 Kotaraya. Kata Kunci : Model Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar PKn

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up