JudulHUBUNGAN KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN INPES KOROLOLAMA |
Nama: FLORENSIA APRILIA WENAS |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Florensia Aprilia Wenas (2021). Hubungan Kompetensi Guru dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Inpes Korololama. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Bapak Rizal S.Ag.M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN Inpres Korololama. Penelitian ini merupakan kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari 4 tahap yaitu teknik observasi, tes, angket, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Inpres Korololama yang berjumlah 15 orang siswa. Data dalam penelitian ini didapat dari tahap observasi,Teknik angket dan Teknik analisis data. Hasil dalam penelitian ini menunjukan peningkatan kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa. Dimana hanya 2 orang siswa (13,33%) memperoleh nilai 6 dengan kriteria cukup, 5 orang siswa (33,33%) memperoleh nilai 7 dengan kriteria lebih dari cukup dan 8 orang orang siswa (53,34%) memperoleh nilai 8 dengan kriteria baik. Hal tersebut menunjukan sebanyak 53,34% siswa mendapat prestasi belajar yang dikategorikan tinggi. Dan hanya 13,33% yang menunjukan adaya nilai rendah. Jadi berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,87 dan r tebel 0.7348 dengan signifikan 0.005 dengan derajar koevisien n-2 yakni 5 maka, r > r tabel yaitu 0,87 > 0.7348 . berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Inpres Korololama. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Prestasi Belajar |