JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FPB DAN KPK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SD INPRES DWIPAKARYA |
Nama: DESI KRISNA AYU |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Desi Krisna Ayu. 2020, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi FPB dan KPK Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas IV SD Inpres Dwipakarya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hj. Akina. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperoleh hasil pendeskripsian model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada pembelajaran matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) terhadap siswa kelas IV SD Inpres Dwipakarya. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Dwipakarya yang berjumlah 13 orang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 69,23?ngan hasil observasi guru dan siswa berada pada kriteria baik sedangkan siklus II menunjukkan persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 91,67?ngan hasil observasi guru dan siswa berada pada kriteria sangat baik. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar dan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Dwipakarya pada materi FPB dan KPK. Kata kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Make A Match, FPB dan KPK. |