JudulHUBUNGAN PENERAPAN MANAJEMEN KELAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN INTI TAYAWA |
Nama: RENI JAYANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian hubungan manajemen kelas guru dengan hasil belajar siswa dilaksanakan di Kelas IV SDN Inti Tayawa. Permasalahan pokok penelitian adalah kurang adanya manajemen kelas guru di dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SDN Inti Tayawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa di Kelas IV SDN Inti Tayawa. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, angket, Tes dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling, dengan persentasi p ± 0,05 dari persentasi populasi p dengan tingkat keyakinan 95%. Instrument yang digunakan dalam proses penelitian adalah angket untuk memperoleh data tentang manajemen kelas guru dengan hasil belajar siswa. Analisis data penelitian dengan teknik persentase, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikasi 95%. Berdasarkan hasil deskripsi telah di peroleh 48,39% manajemen kelas guru cukup, 51,61% manajemn kelas guru kurang. Sedangkan untuk untuk hasil belajar siswa hasil deskripsi yaitu 41,93% siswa yang menyatakan cukup, 58,07% siswa yang menyatakan kurang. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa r hitung > r tabel atau 0,8873 > 0,355. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara manajemen kelas guru dengan hasil belajar siswa di Kelas IV SDN Inti Tayawa. |